Selasa, 23 Juni 2009

Cara Pembuatan Lukisan

Dalam Bab ini, penulis ingin berbagi pengalaman mengenai cara-cara membuat sebuah lukisan pelepah pisang.

Bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu; pelepah pisang yang telah kering di pohon, gunting, triplek, lem.

Pelepah Pisang ; jenis pisang bebas..., pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering dipohon, kondisi pelepah pisang benar-benar kering (tidak basah atau lembab), pelepah tidak perlu dijemur di sinar matahari (cukup diangin-anginkan saja). Tidak perlu menggunakan bahan pengawet atau ditambah pewarna buatan, karena akan menghilangkan kesan alami lukisan. Corak warna pelepah pisang yang akan digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pelukis, sesuai dengan gaya dan tema lukisan. Lukisan yang sudah jadi tidak perlu di vernis (bahan pengkilap lukisan). Supaya lebih indah bisa dipakai pigura dan kaca. Agar lukisan awet dan tahan lama, hindari lukisan dari basah/lembab.

Lem; Tidak ada jenis lem khusus untuk lukisan ini. Lem yang biasa digunakan contohnya ; lem kertas biasa (yang berbahan dasar tepung singkong/kanji/aci, Lem merek FOX yang biasa dijual dipasaran. Lem FOX lebih sering penulis gunakan, karena daya rekatnya yang cukup kuat, walaupun harganya agak sedikit lebih mahal.

Triplek; Biasanya digunakan untuk dasar lukisan. Selain triplek dapat juga digunakan bahan-bahan lain, seperti karton tebal, kayu, dll..

Cara Penempelan Pelepah Pisang :

Teknik menempel dan kombinasi warna lukisan, biasanya akan berkembang lebih baik, bila dilatih secara terus menerus, sehingga suatu saat setiap pelukis akan menemukan cara dan tekniknya sendiri yang dianggap paling praktis dan paling pas bagi dirinya.

Untuk tahap tahap pertama, memang dibutuh keuletan dan kesabaran ekstra, karena bahan dan alat ini tidak lazim digunakan untuk tujuan melukis. Tetapi bila telah mahir dan teknik melukisnya telah didapat sendiri, akan diperoleh sebuah lukisan yang unik dan agak sulit untuk ditiru orang, sehingga nilai jualnya juga lebih baik.

Bila ada peminat yang masih ingin menanyakan hal-hal yang kurang jelas, saya senantiasa siap membantu, untuk kemajuan kita bersama, terima kasih.....

2 komentar:

  1. terima kasih bapak sudah bersedia membagi pengalamanya ,buat kami pribadi blog bapak menjadi ilmu baru dan masukan yg positif kami akan mencobanya dan kami tunggu bimbingan dari bapak selanjutnya

    BalasHapus
  2. Kunjungi ya pak.dan Mohon sharenya.http://pelepahpisangseni.blogspot.com/

    BalasHapus